Programming Language


Perkenalan:
Bahasa pemrograman adalah serangkaian instruksi dan sintaksis yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak. Beberapa fitur utama bahasa pemrograman meliputi:

  • Sintaksis : Aturan dan struktur spesifik yang digunakan untuk menulis kode dalam bahasa pemrograman.
  • Tipe Data : Jenis nilai yang dapat disimpan dalam suatu program, seperti angka, string, dan boolean.
  • Variabel : Lokasi memori bernama yang dapat menyimpan nilai.
  • Operator : Simbol yang digunakan untuk melakukan operasi pada nilai, seperti penambahan, pengurangan, dan perbandingan.
  • Struktur Kontrol : Pernyataan yang digunakan untuk mengontrol aliran program, seperti pernyataan if-else, perulangan, dan pemanggilan fungsi.
  • Pustaka dan Kerangka Kerja: Kumpulan kode pra-tertulis yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas umum dan mempercepat pengembangan.
  • Paradigma : Gaya atau filosofi pemrograman yang digunakan dalam bahasa, seperti prosedural, berorientasi objek, atau fungsional.
  • Contoh bahasa pemrograman yang populer antara lain Python, Java, C++, JavaScript, dan Ruby. Setiap bahasa memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dan cocok untuk berbagai jenis proyek.

Bahasa pemrograman adalah bahasa formal yang menetapkan serangkaian instruksi bagi komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa ini digunakan untuk menulis program dan aplikasi perangkat lunak, serta untuk mengendalikan dan memanipulasi sistem komputer. Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda, masing-masing dengan sintaksis, struktur, dan serangkaian perintahnya sendiri. Beberapa bahasa pemrograman yang paling umum digunakan meliputi Java, Python, C++, JavaScript, dan C#. Pilihan bahasa pemrograman bergantung pada persyaratan khusus suatu proyek, termasuk platform yang digunakan, audiens yang dituju, dan hasil yang diharapkan. Bahasa pemrograman terus berkembang dan berubah seiring waktu, dengan bahasa-bahasa baru yang dikembangkan dan bahasa-bahasa lama yang diperbarui untuk memenuhi kebutuhan yang berubah.

Apakah Anda bercita-cita menjadi seorang insinyur perangkat lunak suatu hari nanti? Apakah Anda juga ingin mengembangkan aplikasi seluler yang akan disukai oleh orang-orang di seluruh dunia? Apakah Anda cukup bersemangat untuk mengambil langkah besar untuk memasuki dunia pemrograman? Maka Anda berada di tempat yang tepat karena melalui artikel ini Anda akan mendapatkan pengenalan singkat tentang pemrograman. Nah, sebelum kita memahami apa itu pemrograman, Anda harus tahu apa itu komputer. Komputer adalah perangkat yang dapat menerima instruksi manusia, memprosesnya, dan meresponsnya atau komputer adalah perangkat komputasi yang digunakan untuk memproses data di bawah kendali program komputer. Program adalah serangkaian instruksi beserta data. 

Komponen dasar komputer adalah: 

  1. Input unit
  2. Central Processing Unit(CPU)
  3. Output unit
CPU selanjutnya dibagi menjadi tiga bagian:
  1. Memory unit
  2. Control unit
  3. Arithmetic Logic unit
Sebagian besar dari kita pernah mendengar bahwa CPU disebut sebagai otak komputer karena CPU menerima data, menyediakan ruang memori sementara hingga disimpan di hard disk, melakukan operasi logis di dalamnya, dan memproses (di sini juga berarti mengubah) data menjadi informasi. Kita semua tahu bahwa komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat lunak adalah sekumpulan program yang melakukan banyak tugas secara bersamaan. Sistem operasi juga merupakan perangkat lunak (perangkat lunak sistem) yang membantu manusia berinteraksi dengan sistem komputer. 
Program adalah sekumpulan instruksi yang diberikan ke komputer untuk melakukan operasi tertentu. Komputer adalah perangkat komputasi yang digunakan untuk memproses data di bawah kendali program komputer. Saat menjalankan program, data mentah diproses menjadi format keluaran yang diinginkan. Program komputer ini ditulis dalam bahasa pemrograman yang merupakan bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang hampir manusiawi yang lebih kompleks daripada bahasa yang dapat dipahami komputer yang disebut bahasa mesin, atau bahasa tingkat rendah. Jadi setelah mengetahui dasar-dasarnya, kita siap membuat program yang sangat sederhana dan mendasar. Seperti halnya kita memiliki bahasa yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain, demikian pula, kita memiliki bahasa yang berbeda seperti C, C++, C#, Java, python, dll untuk berkomunikasi dengan komputer. Komputer hanya memahami bahasa biner (bahasa 0 dan 1) yang juga disebut bahasa yang dapat dipahami mesin atau bahasa tingkat rendah, tetapi program yang akan kita tulis menggunakan bahasa tingkat tinggi yang hampir mirip dengan bahasa manusia. 
Potongan kode yang diberikan di bawah ini melakukan tugas dasar untuk mencetak "halo dunia! Saya sedang belajar pemrograman" di layar konsol. Kita harus tahu bahwa keyboard, pemindai, mouse, mikrofon, dll adalah berbagai contoh perangkat input, dan monitor (layar konsol), printer, speaker, dll adalah contoh perangkat output. 


Pada tahap ini, Anda mungkin tidak dapat memahami secara mendalam bagaimana kode ini mencetak sesuatu di layar. Fungsi main() adalah fungsi standar yang akan selalu Anda sertakan dalam program apa pun yang akan Anda buat mulai sekarang dan seterusnya. Perhatikan bahwa eksekusi program dimulai dari fungsi main(). Fungsi clrscr() digunakan untuk melihat output saat ini saja di layar sementara fungsi printf() membantu kita mencetak output yang diinginkan di layar. Selain itu, getch() adalah fungsi yang menerima input karakter apa pun dari papan ketik. Dengan kata sederhana, kita perlu menekan tombol apa pun untuk melanjutkan (beberapa orang mungkin mengatakan bahwa getch() membantu menahan layar untuk melihat output). 
Di antara bahasa tingkat tinggi dan bahasa mesin, ada bahasa assembly yang juga disebut kode mesin simbolik. Bahasa assembly khususnya khusus untuk arsitektur komputer. Program utilitas ( Assembler ) digunakan untuk mengubah kode assembly menjadi kode mesin yang dapat dieksekusi. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi bersifat portabel tetapi memerlukan Interpretasi atau kompilasi untuk mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dipahami komputer. 

Hirarki Bahasa Komputer 


Ada banyak bahasa pemrograman, beberapa di antaranya tercantum di bawah ini: 
CPythonC++
C#RRuby
COBOLADAJava
FortranBASICAltair BASIC
True BASICVisual BASIC 
 
GW BASIC
QBASICPureBASICPASCAL
Turbo PascalGOALGOL
LISPSCALASwift 
 
RustPrologReia
RacketSchemeSimula
PerlPHPJava Script
CoffeeScriptVisualFoxProBabel
Logo 
 
Lua 
 
Smalltalk
MatlabFF#
DartDatalogdbase
HaskelldylanJulia
kshmetroMumps
NimOCamlpick
TCLDCPL
CurryActionScriptErlang
ClojureDarkBASCICAssembly



Bahasa Pemrograman Paling Populer –  

C
Python
C++
Java
SCALA
C#
R
Ruby
Go
Swift
JavaScript

Karakteristik Bahasa Pemrograman

  1. Bahasa pemrograman harus sederhana, mudah dipelajari dan digunakan, memiliki keterbacaan yang baik, dan dapat dikenali manusia.
  2. Abstraksi merupakan suatu ciri yang harus dimiliki suatu bahasa pemrograman yang di dalamnya terdapat kemampuan untuk mendefinisikan struktur yang kompleks dan kemudian derajat kegunaannya.
  3. Bahasa pemrograman yang portabel selalu lebih disukai.
  4. Efisiensi bahasa pemrograman harus tinggi sehingga dapat dengan mudah diubah menjadi kode mesin dan eksekusinya memakan sedikit ruang dalam memori.
  5. Bahasa pemrograman harus terstruktur dan terdokumentasi dengan baik sehingga cocok untuk pengembangan aplikasi.
  6. Alat-alat yang diperlukan untuk pengembangan, debugging, pengujian, pemeliharaan suatu program harus disediakan oleh bahasa pemrograman.
  7. Bahasa pemrograman harus menyediakan satu lingkungan tunggal yang dikenal sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE).
  8. Bahasa pemrograman harus konsisten dalam hal sintaksis dan semantik.

Istilah Dasar dalam Bahasa Pemrograman:

  • Algoritma : Prosedur langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas.
  • Variabel : Lokasi penyimpanan bernama dalam memori yang menyimpan nilai atau data.
  • Tipe Data : Klasifikasi yang menentukan tipe data yang dapat ditampung suatu variabel, seperti integer, string, atau boolean.
  • Fungsi : Blok kode mandiri yang melakukan tugas tertentu dan dapat dipanggil dari bagian lain program.
  • Alur Kendali : Urutan eksekusi pernyataan dalam suatu program, termasuk perulangan dan pernyataan kondisional.
  • Sintaksis : Seperangkat aturan yang mengatur struktur dan format bahasa pemrograman.
  • Komentar : Sepotong teks dalam suatu program yang diabaikan oleh kompiler atau penerjemah, digunakan untuk menambahkan catatan atau penjelasan pada kode.
  • Debugging : Proses menemukan dan memperbaiki kesalahan atau bug dalam suatu program.
  • IDE : Integrated Development Environment, aplikasi perangkat lunak yang menyediakan lingkungan pengembangan komprehensif untuk pengkodean, debugging, dan pengujian.
  • Operator : Simbol atau kata kunci yang mewakili tindakan atau operasi yang akan dilakukan pada satu atau lebih nilai atau variabel, seperti + (penjumlahan), – (pengurangan), * (perkalian), dan / (pembagian).
  • Pernyataan : Satu baris atau instruksi dalam suatu program yang melakukan tindakan atau operasi tertentu.
Contoh Dasar Bahasa Pemrograman Paling Populer:
Berikut kode dasar untuk penjumlahan dua angka diberikan dalam beberapa bahasa populer (seperti C, C++, Java, Python, C#, JavaScript, dll.).

 Keuntungan bahasa pemrograman:

  • Peningkatan Produktivitas: Bahasa pemrograman menyediakan serangkaian abstraksi yang memungkinkan pengembang menulis kode lebih cepat dan efisien.
  • Portabilitas: Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi dapat berjalan di banyak sistem operasi dan platform yang berbeda.
  • Keterbacaan : Bahasa pemrograman yang dirancang dengan baik dapat membuat kode lebih mudah dibaca dan dipahami baik oleh penulis asli maupun pengembang lain.
  • Komunitas Besar: Banyak bahasa pemrograman memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang besar, yang dapat menyediakan dukungan, pustaka, dan alat.

Kekurangan bahasa pemrograman:

  • Kompleksitas : Beberapa bahasa pemrograman bisa jadi rumit dan sulit dipelajari, terutama bagi pemula.
  • Kinerja : Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi dapat berjalan lebih lambat daripada program yang ditulis dalam bahasa tingkat rendah.
  • Fungsionalitas Terbatas : Beberapa bahasa pemrograman mungkin tidak memiliki dukungan bawaan untuk jenis tugas tertentu atau mungkin memerlukan pustaka tambahan untuk menjalankan fungsi tertentu.
  • Fragmentasi: Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda, yang dapat menyebabkan fragmentasi dan mempersulit berbagi kode dan berkolaborasi dengan pengembang lain.

Tips untuk mempelajari bahasa pemrograman baru:

  • Mulailah dengan dasar-dasar : Mulailah dengan mempelajari dasar-dasar bahasa, seperti sintaksis, tipe data, variabel, dan pernyataan sederhana. Ini akan memberi Anda dasar yang kuat untuk dikembangkan.
  • Menulis kode setiap hari : Seperti keterampilan lainnya, satu-satunya cara untuk menjadi ahli dalam pemrograman adalah dengan berlatih secara teratur. Cobalah untuk menulis kode setiap hari, meskipun hanya beberapa baris.
  • Bekerja pada proyek : Salah satu cara terbaik untuk mempelajari bahasa baru adalah mengerjakan proyek yang menarik minat Anda. Bisa berupa permainan sederhana, aplikasi web, atau apa pun yang memungkinkan Anda menerapkan apa yang telah Anda pelajari yang merupakan bagian terpenting.
  • Baca dokumentasinya : Setiap bahasa pemrograman memiliki dokumentasi yang menjelaskan fitur, sintaksis, dan praktik terbaiknya. Pastikan untuk membacanya secara menyeluruh untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bahasa tersebut.
  • Bergabunglah dengan komunitas daring : Ada banyak komunitas daring yang didedikasikan untuk bahasa pemrograman, tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan, berbagi kode, dan mendapatkan umpan balik. Bergabung dengan komunitas ini dapat membantu Anda belajar lebih cepat dan menjalin koneksi dengan pengembang lain.
  • Belajar dari orang lain : Carilah mentor atau seseorang yang berpengalaman dalam bahasa yang ingin Anda pelajari. Ajukan pertanyaan kepada mereka, tinjau kode mereka, dan cobalah untuk memahami cara mereka memecahkan masalah.
  • Berlatih debugging : Debugging merupakan keterampilan penting bagi setiap programmer, dan Anda perlu melakukannya saat mempelajari bahasa baru. Pastikan untuk berlatih mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terminal Linux